• SMP NEGERI 2 GACHA
  • Kamu tidak boleh menyerah pada Gacha. Kalau kalah, kamu jadi asin. Begitulah awal mulainya..... Demam, Amarah, Rasa asin, itulah yang membuat Master baik menjadi... kejam!!!

Visitasi Akreditasi

Kab.Madiun—Visitasi akreditasi MTs Negeri 5 Madiun sukses dilaksanakan  pada Senin hingga Selasa (8-9 Mei 2023). Kegiatan penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan pendidikan tersebut dihadiri langsung oleh asesor dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN SM), yaitu Dr.Syamsul Arifin,M.Pd, Risma Dwi Arisona,M.Pd dan pengawas tingkat MTs Kemenag  Kab.Madiun Drs.Mukhlis,M.Kpd.

Pelaksanaan akreditasi dilaksanakan dengan sistem berbasis kinerja yang dibagi dalam 4 komponen, yakni Mutu Lulusan koordinator Triwahyuningsih,S.Pd, Mutu Guru koordinator Anang Setyobudi,S.Pd, Proses Pembelajaran koordinator Samiran,S.Pd, dan Menejemen Pengelolaan koordinator Nurrul Hidayati,M.Si. Di dalam penilaian dibagi 3 bagian, yaitu observasi sarana prasana, observasi proses pembelajaran, dan telaah dokumen disertai dengan wawancara komponen madrasah dan sehingga dihasilkan nilai yang objektif.

Kegiatan hari pertama visitasi akreditasi offline tersebut adalah temu awal dengan tim asesor dengan stakeholder madrasah (kepala madrasah, kepala tata usaha, wakil kepala, guru, siswa, komite, dan alumni) dengan penggalian data butir Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2023 terkait dengan kepala madrasah, guru, dan siswa serta orang tua/wali murid, tokoh masyarakat atau komite. Setelah itu, tim asesor observasi lingkungan madrasah yang meliputi sarana dan prasarana.

Hari kedua visitasi akreditasi offline tim asesor melihat proses pembelajaran di dua kelas yang diajar oleh dua guru.Untuk pembelajaan  kelas 7 C diajar Bu Binti Mualifah,S.Pd.I dan kelas 8 B diajar Bu Agista Risna Rahmawati,S.Pd., wawancara perwakilan siswa kelas 7 dan 8 ada 12 siswa,wawancara perwakilan 4 guru,perwakilan komite,perwakilan wali murid, serta temu akhir.

Sebelum acara penutupan asesor memberikan kritik kepada madrasah untuk lebih baik lagi.Gatot Budi Hartono,S.Pd,Selaku plt.Kepala MTsN 5 Madiun mengaku lega setelah selesainya visitasi akreditasi. Ia mengatakan, sebelumnya, guru dan pegawai sempat tegang ketika visitasi dimulai pada hari pertama,mudah-mudahan kita dapat mempertahankan nilai seperti kemarin.

“Alhamdulillah sudah selesai dan berjalan lancar,” tutur Fatkur Rohman,M.Pd “selaku ketua akreditasi sekarang lega,” tegasnya. (As)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Spesial di Hari Guru Nasional

Kab.Madiun- Senin(27/11/2023) MTsN 5 Madiun melaksanakan upacara Hari Guru Nasional dan HUT Ke 78 PGRI di halaman madrasah.Upacara dikuti kelas 7,kelas 8 , kelas 9 ,dan tenaga pendidi

29/11/2023 07:31 - Oleh Administrator - Dilihat 103 kali
Sholat Ghoib,Doa Bersama dan Donasi Kemanusiaan untuk Palestina

Kab.Madiun–Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Madiun mengadakan sholat ghaib,doa bersama dan donasi untuk Palestina sebagai tanda solidaritas untuk korban yang syahid di Palestina. Kegi

22/11/2023 07:08 - Oleh Administrator - Dilihat 88 kali